Header Ads

Breaking News
recent

Bakso Sebesar Kepala Bayi Tak Pernah Haus Pengunjung



Makanan bakso sudah tidak asing lagi di telinga kita, setiap sudut kota pasti beragam macam bakso dengan ukuran dan rasanya yang berbeda. Salah satu warung kuliner di Surabaya kini menyajikan bakso yang unik sesuai namanya “Bakso Klenger”. Bakso Klenger adalah bakso atau pentol yang berukuran raksasa mulai berukuran 15 cm hingga mencapai diameter 40 cm. Cocok buat para pencinta kuliner makan dengan beramai-ramai karena selain memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki ukuran bakso yang super jombo. Sesuai namanya “Klenger” yang diambil dari bahasa tegal yang artinya “pingsan”, jadi ketika makan bakso ini akan merasakan sensasi klengernya hingga perut merasakan kenikmatannya. Warung Bakso ini berlokasi di Jl Rembang Utara Blok Tuban, Dekat No 8, Bubutan, Jepara Kota Surabaya, Jawa Timur.  Asal punya usut warung Bakso Klenger yang dimiliki Pak pasiran kini yang awalnya menjual bakso dengan ukuran standart atau pentol sewajarnya, beliau merasakan pembelinya  semakin hari semakin bosan dan berkurang, atas saran yang diminta oleh salah satu pembelinya yaitu dengan meminta bakso yang tidak biasa tau yang unik dari lainnya, maka muncullah ide cemerlang yang didapat Pak Pasiran yaitu dengan memberanikan diri untuk membuat ukuran bakso menjadi raksasa meskipun mengeluarkan biaya yang terbilng cukup banyak.  Dengan keyakinan yang dimiliki Pak Ran kini uasaha Bakso Klenger yang semakin hari kebanjiran pembeli dan selalu ramai. Ukuran bakso kini yang disediakan hanya di bedakan menjadi 5 ukuran yang dimulai dari level 1 berdiameter 15 cm dengan harga 15.000, level 2 berdiameter 20 cm dengan harga 30.000, level 3 berdiameter  25 dengan harga 50.000, level 4 berdiameter 30 dengan harga 100.000, level 5 berdiameter 35 dengan harga 200.000, level 6 berdiameter 40 cm dengan harga 300.000. Untuk pembeli yang menginginkan ukuran yang lebih besar dari yang disediakan bisa memesan hari sebelumnya.

Bakso Klenger di Surabaya ini menyediakan ukuran beragam bahkan bisa memesan sesuai keinginan kita yang melebihi yang disediakan, Ukuran yang terbilang jumbo cara pembuatannya tidak sembarangan butuh waktu yang lama sekitar 8-9 jam untuk ukuran yang paling besar, dilihat dari lama pematengan bakso hingga berjam-jam tidak kaget hingga dipatok harga yang terbilang mahal sekitar 15.000-300.00 ribu per bola bakso. Bakso berukuran jumbo ini terbuat dari daging sapi, tepung kanji, dan tambahan bumbu rempah yang dicampur menjadi satu. Dan didalam baksonya juga diberikan potongan-ptongan daging sapi untuk melengkapi rasa ketika menyantap bakso ini. Pendapatan Pak Ran perhari hingga mencapai 2 jt, cukup lumayan yaa..


Pengalaman saya mengunjungai warung bakso Pak Ran sangatlah ramai hingga saya tidak mendapatkan kursi sampai menunggu beberapa menit hingga mendapatkan harus  bergantian untuk duduk di warung dan makan di tempat. Kenapa saya tidak membungkus makanan karena saya rasa makan dirumah dengan di warung sensasinya berbeda sekaligus bisa menambah sambal, kecap,saus dengan sesuka saya. Saya memesan bakso level 2 yang berukuran 20 cm dengan harga 30.000 saya tidak melihat contoh ukuran bakso tetapi saya langsung memesan seakan akan kecil. Datanglah bakso didepan mata sebesar kepala bayi, “gilaaaa.. saya gak bakal ngehabisin petol segedhe ini” ujarku. Kumulai memakan sedikit demi sedikit dan sampai pada titik dimana saya sudah tidak sanggup untuk memakannya lagi padahal itu hanya setengah dari pentol yang berukuran 20 cm. Benar-benar “Klenger” setelah memakan bakso , itu masih level 2 belum lagi yang berukuran yang lain. lebih asik kalau makan bakso beramai-ramai dengan keluarga, kerabat, pacar.

Bakso Klenger tidaklah mengecewakan dari ukurannya yang super besar, rasanya yang nikmat, kuahnya yang gurih, tempatnya tidak terlalu rumit hanya saja kapasitas kursi sedikit mungkin masih direncanakan untuk tempat yang lebih luas. Selain kapasitas kursi, tempat parkiran juga masih belum strategis, kalau sepeda motor masih bisa dipinggir-pinggir jalan tetapi kalau mobil saya kira sulit karena memasuki gang yang tidak memiliki ukuran lebar. Tetapi itu bukan masalah yang penting cita rasanya dan buat para pencinta kuliner ketika mengunjungi surabaya wajib untuk mencoba makanan satu. Untuk level berapapun dijamin kenyang dan pasti merasakan sensasi “Klengernya” yang sesuai dengan namanya.


Prafika Adilistiar
(071511533019)

No comments:

Powered by Blogger.